Cara Instal Joomla Versi 3 atau biasa disebut Joomla 3.0 sangat mudah, untuk membuat website atau webstore dengan joomla bisa pada localhost ataupun hosting. Pada Tutorial Joomla kali ini saya akan membahas Cara Instal Joomla Versi 3.0 Pada Localhost, bagi anda yang masih newbie sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu joomla, anda bisa membaca post artikelnya pada link berikut : Apa Itu Joomla ?. Untuk platform CMS Joomla yang saya instal adalah versi 3.0.2 update tanggal 8 November 2012.


Untuk menginstalnya, tentunya anda harus memiliki file mentah aplikasi CMS ini atau biasa disebut Full Packages, filenya bisa anda dapatkan melalui link berikut : Download Joomla 3.0. Saat artikel ini dibuat, versi yang masih disupport oleh Joomla Team Development adalah versi 2.5 dan versi 3.0, karena Tutorial ini berisi tentang Cara Instal Joomla Versi 3.0 maka yang diinstal adalah file untuk yang versi 3.0. Bagi anda yang sudah memiliki file mentah versi 3.0, anda bisa abaikan langkah ini. Setelah aplikasi sudah di download, selanjutnya anda tinggal menjalankan program localhost yang anda pakai, pada tutorial kali ini saya menggunakan XAMPP sebagai localhost. Bagi anda yang belum mengetahui tentang localhost anda bisa membacanya pada post artikel pada link berikut : Localhost dan Cara Membuat Localhost.

Langkah 1 Tutorial Joomla – Copy Paste File

Setelah anda berhasil mendownload filenya, selanjutnya anda extract file tersebut, hasil extract dari file zip tsb berisi beberapa folder dan file aplikasi Joomla versi 3.0. Semua file tersebut anda copy, kemudian anda buat folder baru pada folder xampp/htdocs dengan nama folder “joomla30”, paste semua file yang sudah di copy ke dalam folder “joomla30” (xampp\htdocs\joomla30).
Cara Instal Joomla Versi 3.0 Photo

Langkah 2 Tutorial Joomla – Step 1 Configuration

Langkah selanjutnya anda aktifkan program localhost atau XAMPP Localhost, kemudian buka browser dan ketik http://localhost/joomla30. Pada browser akan muncul halaman “Step 1 – Configuration” yang berisi beberapa field yang harus anda isi, seperti :[to_like id="1784"]
  • Select Language : English (United States)
  • Site Name : Tutorial Joomla 3.0 (Judul atau Title Web)
  • Description : Website tutorial joomla versi 3.0 (Deskripsi Web bisa diisi maksimal 20 kata)
  • Admin Email : Alamat eMail (Email pemilik website)
  • Admin Username : admin (Username login pemilik website)
  • Admin Password : admin (Password login pemilik website)
  • Confirm Admin Password : admin (Konfirmasi password pemilik website)
  • Site Offline : Yes/No (Pilihan No untuk tampilan website offline setelah proses instalasi)
  • Klik “Next” untuk melanjutkan proses instalasi
Cara Instal Joomla Versi 3.0 Photo

Langkah 3 Tutorial Joomla – Step 2 Database

Setelah klik “Next” anda akan masuk ke halaman berikutnya, yaitu “Step 2 Database”. Buatlah database pada phpMyAdmin, buka browser anda kemudian ketik http://localhost/phpmyadmin/ untuk menampilkan halaman phpMyAdmin. Pada tutorial ini saya membuat database dengan nama “db_joomla30”, untuk cara membuat databasenya penjelasannya sbb :
  • Ketik nama database “db_joomla30” pada field “Create New Database”, kemudian klik button “Create” untuk melanjutkan.
  • Setelah klik “Create” selanjutnya akan muncul tulisan “Database db_joomla30 has been created.” yang artinya database db_joomla30 sudah berhasil dibuat.
Cara Instal Joomla Versi 3.0 Photo
Setelah database berhasil dibuat, kembali ke proses instalasi halaman “Step 3 – Database” terdapat beberapa field yang harus diisi. Pada halaman ini berisi field data yang harus anda isi yang berfungsi untuk menghubungkan website dengan database, field yang perlu anda isi adalah sebagai berikut :
  • Database Type : MySQL atau MySQLi (pilihan database yang digunakan)
  • Host Name : localhost (host database)
  • Username : root (user untuk database)
  • Password : bisa dikosongkan/abaikan (password database)
  • Database Name : db_joomla30 (nama database)
  • Table Prefix : abaikan (previx database)
  • Old Database Process : Backup atau Remove (pilihan remove untuk menghapus database instalasi)
  • Klik “Next” untuk melanjutkan proses instalasi
Cara Instal Joomla Versi 3.0 Photo
Langkah 4 Tutorial Joomla – Step 3 Overview
Tahap selanjutnya adalah tahap akhir dalam proses instalasi, pada halaman ini terdapat beberapa hal yang perlu dilihat, seperti :
  • Finalisation : Instal sample data “Default” (Pilihan Blog, Brochure, Default, Learn atau Test)
  • Overview : Email configuration Yes/No (Pilihan Yes akan mengirimkan hasil instalasi ke email pemilik website)
  • Main Configuration : Profile web configuration (Field yang diisi pada Step 1)
  • Database Configuration :  Profile web database (Field yang diisi pada Step 2)
  • Pre-Installation Check : Pengaturan sistem (Yes berarti joomla cocok dengan sistem host)
  • Recommended Setting : Pengaturan PHP (Yes berarti joomla siap cocok dengan sistem host)
  • Klik “Install” untuk melanjutkan proses instalasi
Apabila pada halaman ini untuk “Recommended Setting” Display Errors tidak berstatus “OFF”, berarti anda harus edit settingan php.ini pada localhost anda. Untuk mengeditnya, anda cari file yang bernama “php.ini” pada folder xampp\php. Kemudian buka file tersebut dengan notepad, cari tulisan “display_errors” dengan cara tekan CLTR+F untuk Find kemudian anda paste pada pencarian. Selanjutnya anda rubah “Default Value: On” menjadi “Default Value: Off” (On to be Off), dan save untuk menyimpan atau tekan CLTR + S. Selanjutnya anda restart program XAMPP Localhost, kemudian refresh browser untuk menampilkan halaman yang sama dengan status Display Errors berstatus “OFF” dan lanjut klik “Continue” untuk melanjutkan. Untuk masalah “Display Error” yang “ON” masih bisa diabaikan pada proses instalasi, maksudnya meskipun berstatus “ON” proses instalasi masih bisa dilanjutkan.
Cara Instal Joomla Versi 3.0 Photo
Langkah 5 Tutorial Joomla – Joomla! is now installed
Setelah anda klik “Install”, aplikasi web joomla langsung menginstal secara otomatis, kemudian anda akan masuk ke halaman terakhir yang terdapat tulisan “Congratulations! Joomla! is now installed.” artinya web CMS berhasil diinstal.
Cara Instal Joomla Versi 3.0 Photo
Pada gambar dibawah terdapat tulisan “Email could not be sent.”, ini dikarenakan saya menginstalnya menggunakan localhost. Untuk langkah selanjutnya anda harus menghapus folder “Installation”, cukup klik button link “Remove installation folder” secara otomatis folder installation beserta isinya yang berada pada folder “joomla30″ akan terhapus. Setelah anda menghapus folder “installation”, selanjutnya anda bisa melihat website Joomla versi 3.0 yang dengan tampilan Default pada browser dengan alamat URL http://localhost/joomla30 atau anda bisa klik button link “Site”, sedangkan untuk masuk ke halaman administrator anda bisa masuk melalui browser dengan alamat URL http://localhost/joomla30/administrator atau anda bisa klik button link “Administrator”.
Cara Instal Joomla Versi 3.0 Photo
Proses instalasi telah selesai dan berikut ini adalah tampilan website Joomla versi 3 pada browser anda. Terima kasih telah mengikuti atau membaca post artikel eProduk.Com ini, setelah anda selesai membaca atau mengikuti tutorial ini mohon di share kepada teman-teman social anda!
Cara Instal Joomla Versi 3.0 Photo